Ini Dia Efek dari Minum Teh Hitam

Ini Dia Efek dari Minum Teh Hitam
Ini Dia Efek dari Minum Teh Hitam : Banyak orang yang mengetahui manfaat teh hitam. Namun hanya sedikit yang mengetahui efek negatif dari meminum teh hitam. Teh hitam selama ini memang diketahui sebagai sumber antioksidan yang baik. Teh ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan.

Meski begitu, sebaiknya efek negatif yang bisa diberikan oleh teh hitam juga tak boleh diremehkan. Berikut adalah beberapa efek negatif dari teh hitam, seperti dilansir oleh Boldsky (11/01).

1. Meningkatkan racun

Mengonsumsi teh hitam setiap hari bisa meningkatkan munculnya racun dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh alumunium dalam daun teh yang sudah tua. Teh hitam dibuat dari daun teh yang sudah tua dan mengandung banyak komponen alumunium di dalamnya.

2. Batu ginjal

Salah satu efek negatif teh hitam adalah kemampuannya untuk membentuk batu ginjal. Hal ini diakibatkan oleh komponen bernama Oxalate yang terdapat dalam teh hitam. Oxalate memiliki efek yang buruk terhadap kesehatan ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah yang yang banyak.

3. Melemahkan sistem pencernaan

Teh hitam yang dipenuhi tannin bisa membuat sistem pencernaan tak stabil dan memicu penyakit seperti diare dan lainnya. Tannin dalam daun teh hitam juga bisa menyebabkan konstipasi dan susah buang air besar.

4. Kesehatan tulang

Mengonsumsi terlalu banyak teh hitam juga buruk untuk kesehatan tulang. Hal ini akibat banyaknya fluoride yang terkandung dalam teh hitam. Fluoride akan melemahkan tulang dan memicu terjadinya pengeroposan tulang.

5. Membuat gigi kuning

salah satu efek buruk dari konsumsi teh hitam adalah menodai warna gigi. Jika Anda sering mengonsumsi teh hitam, maka kemungkinan besar gigi Anda akan berubah warna. Gusi pun lebih mudah terluka. Teh hitam juga menjadi salah satu alasan terbentuknya plak pada gigi.

6. Masalah buang air kecil

Terlalu banyak mengonsumsi teh hitam juga bisa mengganggu sistem pengeluaran dari tubuh seperti terlalu banyak buang air kecil. Kandung kemih menjadi lebih berat dan membuat seseorang menjadi lebih sering buang air kecil. Hal ini bisa jadi tak nyaman untuk banyak orang.

7. Kanker kerongkongan

Mengonsumsi teh hitam bisa meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan. Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan perut dengan bagian mulut. Bagian ini sensitif dengan perubahan suhu dan kandungan tannin dalam teh hitam.

Itulah beberapa efek negatif dari mengonsumsi teh hitam. Bukan berarti Anda harus berhenti mengonsumsi teh hitam, namun sebaiknya jangan terlalu banyak dan perhatikan porsi Anda.

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda di kota ini.
Ini bisa membantu kami dalam mengenali anda.
Terima kasih.
Salam Blogger!

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor