Rahasia-rahasia Dari Air Mata

Rahasia-rahasia Dari Air Mata
Rahasia-rahasia Dari Air Mata : Pernahkah Anda menangis? Ah, sebuah pertanyaan yang tak perlu dijawab pun pasti jawabannya pernah. Semua orang pun akan menangis bahkan saat pertama kali dilahirkan ke dunia ini.


Mungkin selama ini yang Anda tahu, fungsi air mata hanya untuk membuat mata tak kering. Namun, tahukah Anda ada 10 rahasia air mata yang mungkin belum Anda ketahui seperti dilansir dari HuffingtonPost. Penasaran kan?

Ada beberapa jenis air mata

Ternyata ada 3 jenis air mata yang keluar dari mata Anda. Pertama, ada yang namanya air mata basal. Air mata jenis pertama ini mempunyai tugas membasahi dan menjaga kesehatan serta kelembaban mata. Jenis air mata yang kedua seperti yang ada dalam jurnal The Riddle of Emotional Tears: Why Do We Cry adalah air mata refleks. Seperti namanya, air mata ini akan tiba-tiba mengalir saat mata Anda terkena angin, asap, bawang merah, atau debu.

Nah yang ketiga ini yang paling familiar. Air mata jenis ketiga ini adalah air mata yang keluar karena emosi Anda. Pada sebuah penelitian di tahun 1980, air mata yang keluar akibat emosi ini mengandung lebih banyak protein dibanding yang lainnya.

Mengapa saat menangis air mata keluar?

Peneliti masih belum bisa memastikan apa yang membuat kita meneteskan air mata. Sebuah penelitian mengatakan, saat ada tekanan dalam diri seseorang, maka bisa jadi orang tersebut menangis dan mengeluarkan air mata.

Lalu bagaimana dengan bayi yang menangis? Ya, hingga kini masih belum ada yang tahu mengapa manusia bisa menangis.

Kandungan zat pada air mata sama dengan air liur

Nah lho, ternyata komposisi yang terkandung pada air mata sama dengan air liur. Air mata dan air liur sama-sama mengandung protein, garam, dan hormon. Uniknya, rasa dan bau air mata dan air liur ini berbeda.

Wah, unik sekali..

Wanita lebih sering menangis dibanding pria, alasannya?

Kalau rahasia yang satu ini pasti semua sudah pada tahu ya. Wanita menangis lima kali lebih banyak dibanding pria. Rata-rata lama wanita menangis bisa mencapai 6 menit, namun pria menangis hanya selama 2-4 menit.

Kelenjar air mata wanita juga lebih besar dari pada pria. Namun, pada bagian untuk menampung air mata, milik pria lebih besar dibanding wanita. Jadi, saat menangis, para wanita akan lebih dulu meneteskan air mata yang mengalir ke pipi ketimbang pria.

Mengapa menangis saat mengiris bawang merah?

Pasti Anda sering bertanya-tanya, kok kalau mengiris bawang merah bisa menangis ya? Jawabannya karena ternyata bawang merah mengandung zat kimia yang bisa merangsang kelenjar lacrimal. Kelenjar ini adalah tempat di mana air mata Anda diproduksi. Karena itu, kenapa Anda bisa menangis saat mengiris bawang.

Mengapa ingus ikut keluar saat menangis?

Tahukah Anda, sebenarnya yang keluar dari hidung saat menangis itu bukan ingus, namun air mata yang keluar melalui hidung. Saat menangis, kelenjar air mata mengeluarkan air mata secara berlebihan. Nah, sebagian air mata ini bisa keluar melalui hidung.

Apakah Anda juga merasa pusing setelah usai menangis? Bisa jadi ini disebabkan karena ada 'dehidrasi' di kepala. Dehidrasi ini disebabkan karena banyaknya cairan yang dikeluarkan.

Pria malas melihat wanita menangis, ini alasannya

Air mata ternyata bisa mempengaruhi orang lain lho. Sebuah penelitian di tahun 2011 mengatakan, air mata mengandung chemosignal yang mengurangi kadar testosteron. Ini sebabnya pria malas melihat wanita yang menangis. Apa hubungannya?

Ya, air mata bisa menurunkan kadar testosteron pria yang membuat mereka tak tertarik pada wanita sementara.

Air mata buaya itu benar ada

Menurut penelitian di University of Florida, air mata buaya memang ada dan tak hanya sekedar kiasan. Buaya memang kerap mengeluarkan air mata ketika makan. Buaya juga sering menangis. Kenapa? Karena tangisan buaya ini berguna untuk melindungi kesehatan mata mereka yang memiliki kelopak mata lapis tiga.

Kenapa setelah menangis, Anda bisa lega?

Saat merasa stres dan Anda menangis, air mata yang Anda keluarkan mengandung hormon stres. Makanya, dengan adanya stres yang terbuang melalui air mata, Anda akan merasa sedikit lega setelah menangis.

Mengapa beberapa orang mudah sekali menangis?

Mungkin dalam keseharian Anda, Anda sering berjumpa dengan orang yang mudah sekali menangis. Keadaan seperti ini sering dialami oleh orang mengalami trauma dan mudah cemas. Seringnya orang menangis juga tergantung pada kepribadian, tingkat stres, hormon, dan mood.

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda di kota ini.
Ini bisa membantu kami dalam mengenali anda.
Terima kasih.
Salam Blogger!

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor