ITSB Kampus Pertama Bersertifikasi "Green Building"

Gedung kampus Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) menjadi gedung kampus pertama yang mendapatkan sertifikasi "Green Building" atau bangunan ramah lingkungan dari Green Building Council Indonesia.

Bangunan utama kampus yang berlokasi di Kota Deltamas Bekasi itu memiliki empat lantai seluas 4.000 meter persegi itu baru diresmikan pada Desember 2011 dan dapat menampung 400 mahasiswa.
Menurut Ari Darmawan, rektor ITSB, gedung kampus ITSB mendapat sertifikasi "Green Building" karena konsumsi energinya di bawah rata-rata, mempunyai ruang terbuka hijau, serta air buangan tidak langsung dibuang ke tanah tapi ditampung sehingga memungkinkan untuk diserap sumur resapan.

Selain itu, ruang kuliah yang dilengkapi pengatur suhu udara (AC) mempunyai sirkulasi udara yang baik. Juga ada taman rambat yang tumbuh vertikal dengan sistem penyiraman melalui pipa.

Konsep "Green Building" adalah konsep yang juga dikenal sebagai "bangunan berkelanjutan" atau "eco-home" yang mulai berkembang sekitar 1970. Empat aspek utama yang perlu dipertimbangkan dalam membangun "Green Building" yaitu material, energi, air, dan kesehatan.

ITSB merupakan institusi pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Institut Teknologi dan Sains Bandung (Yayasan ITSB). Kampus ini merupakan perwujudan kerjasama antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi, dan mendapat dukungan penuh dari Institut Teknologi Bandung dalam pelaksanaan dan pengembangan standar akademik.

Saat ini ITSB sudah mempunyai sembilan program studi tapi yang berjalan hanya lima program studi yaitu Program Studi Teknik Perminyakan (S1), Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (S1). Tersedia juga Program Studi Teknik Material dan Metalurgi (S1), Program Studi Desain Produk Industri (S1) dan Program Studi Teknologi Pengolahan Sawit (D3).

Mahasiswa ITBS saat ini baru mencapai 130 orang untuk tiga angkatan dengan 30 persen di antaranya mendapatkan beasiswa serta beasiswa penuh bagi program studi Teknologi Pengolahan Sawit. Program studi yang diminati terbanyak adalah Teknik Perminyakan.

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda di kota ini.
Ini bisa membantu kami dalam mengenali anda.
Terima kasih.
Salam Blogger!

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor