Mahasiswa UBH Pamer Foto di Dubai

01.53
0


Hobi fotografi ternyata serius dijalani Zulkifli. Hobinya ini bahkan mengantarkan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatra Barat itu, menjadi nominee dalam lomba fotografi yang digelar oleh Hamdam Bin Mohammed Bin Rashid Al Maktoum International Photograhy Award (HIPA) Dubai. 

Selain akan mendapatkan penghargaan, Zhu Qincay, demikian dia biasa dipanggil, juga akan mengikuti pameran foto pada 24 Maret mendatang di Emirate of Dubai.

HIPA merupakan kompetisi tahunan yang digelar pemerintah Emirat Dubai. Sesi pertama dihelat pada 2011 lalu dengan tiga kategori: Kategori pertama dan utama (Cinta Bumi), Kategori kedua (Umum), dan kategori ketiga (Dubai) adalah setiap foto yang menunjukkan Emirat Dubai.

Pangeran Mahkota Dubai mengatakan, selain menarik perhatian dunia dengan budaya dan seni melalui fotografi, pemberian penghargaan itu juga mempromosikan program pendidikan dan pengembangan, selain bakat nasional lainnya.

Zulkifli mengaku mengetahui ajang HIPA Dubai ketika berbincang-bincang dengan temannya di Jakarta, Agustus 2011 lalu. Saat itu, salah satu Zulkifli bahkan menjadi salah satu pendiri Komunitas Fotografer Mahasiswa (Koma) UBH ini sedang menghadiri acara penyerahan hadiah Lomba Foto Kebudayaan Indonesia 2011 bersama 30 nominee lainnya. 

"Pada HIPA 2011, saya mengikuti dua kategori yang pertama. Ketika itu, tenggat waktu pengiriman foto adalah Desember 2011," kata Zulkifli, Kamis (21/3/2012). 

Dia mengimbuhkan, foto yang dikirim ke HIPA untuk kategori General adalah foto Pacu Jawi. Menurutnya, perpaduan kecepatan dan cipratan lumpur basah serta joki tangguh yang mengendalikan sapi yang tengah berpacu akan selalu mempesona para juri lomba foto. "Di Indonesia memang sudah lumrah. Tetapi untuk di luar negeri, foto-foto Pacu Jawi bagi mereka adalah sesuatu yang luar biasa," ujarnya.

Foto kedua adalah foto yang menceritakan anak-anak pengajian di TPA di Masjid Tuo Kayu Jao Solok sedang membersihkan lingkungan sekitar masjid. Foto ini mencoba menyampaikan pesan bahwa mencintai bumi tidak harus selalu dengan melakukan hal-hal besar. "Membersihkan pekarangan masjid adalah hal kecil yang sering terlupakan dalam kehidupan keseharian kita," tuturnya.

Dia menilai, cinta bumi dapat dimulai dengan mencintai lingkungan terdekat kita. Dengan begitu, kita juga mulai menanamkan kecintaan terhadap bumi yang semakin menua ini. "Foto itu saya ikutkan untuk kategori Love The Earth," imbuhnya. 

Selain Zulkifli, anggota Koma UBH lainnya, Mabruri Tanjung, ikut menambah pundi-pundi deretan prestasi Koma UBH. Fotonya yang bertajuk "Berkesenian di Halaman Rumah Gadang" didapuk menjadi pemenang harapan Lomba Foto Newsletter Gerai Info yang diadakan Bank Indonesia. 




Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor