Gedung UBH Didesain Tahan Gempa

02.04
0


Universitas Bung Hatta (UBH) sedang berbenah. Mereka tengah giat membangun gedung baru untuk menunjang kegiatan perkuliahan. 

Gedung kelima Kampus II UBH yang terletak di Jalan By Pass Aia Pacah, Padang, ini menggunakan pondasi tiang untuk meminimalisasi penurunan bangunan akibat gempa. 

Koordinator pembangunan, Khadafi menjelaskan, konstruksi pondasi itu dipilih karena lahan bangunan kampus II UBH merupakan tanah lunak dengan 'leveling' muka air tinggi atau sama dengan muka tanah asli. 
"Atas pertimbangan kampus ramah akan bencana, maka pembangunan kampus baru UBH pun memperhatikan kondisi tanah lahan. Perencanaan bangunannya cenderung menggunakan pondasi dalam (deep foundation) atau dikenal sebagai pondasi tiang," ujar Khadafi, Kamis (15/3/2012). 

Dia memaparkan, saat ini, pembangunan gedung tiga lantai itu sudah mencapai 10 persen lebih atau lebih cepat dari target semula yakni enam persen. Pihaknya berharap, harapkan tahun akademik 2012/2013 nanti pembangunan gedung kelima itu selesai.

"Gedung ini nantinya akan digunakan sebagai dekanat, laboratorium, dan sarana prasarana pendukung perkuliahan mahasiswa." imbuhnya. 

Sementara itu, Rektor UBH, Hafrijal Syandri, menjelaskan, pembangunan gedung ke lima tersebut merupakan lanjutan pembangunan tahap pertama blok I yang meliputi dekanat dan bangunan laboratorium dengan anggaran Rp8 miliar lebih. 

Secara keseluruhan, kata Hafrijal, pembangunan kampus Padang By Pass ditargetkan selesai pada 2020. Bangunan itu diharapkan dapat menampung mahasiswa dan kegiatan akademis yang diproyeksikan meningkat dalam sepuluh tahun ke depan. 

"Diproyeksikan pada tahun 2020 mahasiswa UBH mencapai 11.470 orang, meningkat dari 8.584 orang yang terdaftar saat ini," pungkasnya 




0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda di kota ini.
Ini bisa membantu kami dalam mengenali anda.
Terima kasih.
Salam Blogger!

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor