PMBS Ganti KKN dengan Pegabdian Masyarakat

01.53
0

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu ciri khas seorang mahasiswa. Namun, belakangan ini program KKN di sejumlah kampus mulai ditinggalkan. Mengantisipasi hal tersebut, Prasetya Mulya (Prasmul) Business School menggadakan program KKN pengabdian masyarakat bertajuk Community Development (Comdev).
"Program KKN di berbagai institusi pendidikan mulai ditinggalkan, maka kegiatan Comdev ini merupakan bentuk Prasmul untuk mengantisipasi hal tersebut," kata Dosen dan Mentor Comdev 2012 Burhan Primanintyo di Desa Babakan Sari, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (25/2/2012).

Burh an menyebutkan, Prasmul berupaya menggelar program KKn yang tidak biasa. "Comdev bukan sekadar kegiatan KKn dalam kurun waktu tertentu dan selesai. Tapi ada keberlanjutan. Melalui. pendampingan.. Buktinya, sejak tahun lalu kami tetap melakukan pendampingan di desa ini," ujarnya.

Menurut Burhan, Comdev bertujuan mewujudkan desa mandiri dan sejahtera melalui kewirausahaan dengan melibatkan peran mahasiswa. "Konsetrasi comdev di desa tujuan meliputi ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Untuk itu kewirausahaan yang kental dengan bahan ajar di Prasmul dicoba diterapkan pada tiga bidang tersebut," tuturnya.

Dari segi ekonomi, lanjut Burhan, para mahasiswa yang dibagi dalam beberapa kelompok bekerja sama dengan mitra yang merupakan warga Desa Babakan Sari yang terpilih. "Setiap kelompok, terdiri dari 7-8 mahasiswa dengan konstrasi jurusan marketing, Manajemen Bisnis, dan Keuangan akan membantu para mitra yang merupakan ibu rumah tangga dalam mengembangkan ide bisnis yang digagas oleh mitra," katanya menambahkan.

Dari segi pendidikan, para mahasiswa peserta Comdev 2012 ini menggandeng anak-anak di Desa Babakan Sari untuk memanfaatkan peran internet dengan maksimal. "Para mahasiswa melakukan survei terhadap anak-anak di desa ini. Ternyata, mereka menggunakan fasilitas internet tapi hanya untuk membuka Facebook. Maka, para mahasiswa ini akan memberikan edukasi kepada anak-anak agar memanfaatkan internet bukan hanya untuk Facebook saja tapi juga untuk mengakses banyak hal," ujar Burhan.

Sementara dari segi kesehatan, para mahasiswa menggelar seminar tentang pentingnya kesehatan gigi bagi anak TK dan PAUD serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga. "Untuk pemeriksaan kesehatan gratis yang akan dilaksanakan Minggu 26 Februari 2012 sudah terdapat 100 warga yang mendaftar," katanya.

Para peserta Comdev adalah mahsiswa Prasmul yang melewati semester lima dan memanfaatkan libur semester saat KKN. "Kenapa menunggu setelah semester lima? Karena ingin membentukan mind set mahasiswa terkait kewirausahaan baik melalui studi kasus maupun mendatangkan praktisi sehingga ketika terjun langsung ke lapangan telah memiliki landasan yang kuat tentang kewirausahaan," ujar Burhan.

Comdev merupakan program wajib bagi seluruh mahasiswa. "KKN ini merupakan program yang wajib diikuti mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan," tuturnya.


0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda di kota ini.
Ini bisa membantu kami dalam mengenali anda.
Terima kasih.
Salam Blogger!

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor