Robot Mampu Bicara dengan Astronot

Robot Mampu Bicara dengan Astronot
Tonggak sejarah baru dari hubungan robot dan manusia dimulai. Untuk pertama kalinya, robot buatan Jepang bernama Kirobo mampu melakukan percakapan dengan astronot di ruang angkasa.

Melansir Space, Kamis 26 Desember 2013, astronot dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Koichi Wakata, berhasil melakukan percakapan dengan Kirobo di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 6 Desember lalu.


Para ilmuwan yang merekam percakapan antara Wakata dan Kiribo akan mempelajari rekaman tersebut untuk menciptakan robot pendamping bagi manusia saat melakukan perjalanan ke ruang angkasa.

Kiribo sampai di ISS pada 9 Oktober 2013. Robot yang mampu berbicara itu diluncurkan dari Tanegashima Space Center, Jepang. Namun, Kiribo belum bisa melakukan percakapan dengan para astronot di ISS, karena hanya bisa menggunakan bahasa Jepang.

Untuk melakukan percakapan, Kiribo harus menunggu astronot asal Jepang, Wakata, yang baru sampai ke ISS pada 7 November 2013 lalu. Sementara itu, Wakata adalah astronot pertama asal Jepang yang menjadi komandan astronot di ISS di misi Expedition 39.

Kiribo adalah robot yang memiliki tinggi 34 senti meter. Kirobo merupakan kependekan dari Robot Kibo yang memiliki arti harapan. Proyek Robot Kibo dikembangkan oleh Pusat Penelitian Sains dan Teknologi di Universitas Tokyo, Toyota Motor Corp, Dentsu, dan JAXA.

Berikut percakapan yang dilakukan antara Wakata dan Kiribo:

Wakata: Kiribo, bagaimana bisa kamu sampai ke ruang angkasa?

Kiribo: Saya dikirim oleh JAXA dari Tanegashima Space Center, Jepang.

Wakata: Apakah kamu terbang ke ruang angkasa seperti burung?

Kiribo: Tidak. Saya terbang ke ruang angkasa menggunakan Roket Kounotori.

Wakata: Sangat luar bisa kamu bisa datang ke ISS sendirian.

Kiribo: Ya, itu karena aku adalah Robot!  (one)

1 comments:

  1. wih semakin canggih nih teknologi >.< btw makasih gan ngasih infonya..

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda di kota ini.
Ini bisa membantu kami dalam mengenali anda.
Terima kasih.
Salam Blogger!

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor