Umur Hiu Putih Bisa Mencapai 70 Tahun

08.00
0
Umur Hiu Putih Bisa Mencapai 70 Tahun
Umur Hiu Putih Bisa Mencapai 70 Tahun : Hiu putih kesohor sebagai predator paling mematikan di laut. Selain menakutkan, ternyata hiu putih memiliki umur yang kurang lebih sama dengan manusia. Penelitian terbaru menemukan hiu putih mampu hidup selama 70 tahun.


Melansir BBC, tim peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Woods Hole Oceanographic Institution, Amerika Serikat, berhasil mengidentifikasi seekor hiu putih jantan besar yang berumur 70 tahun.

"Ternyata, hiu putih hidup lebih lama dari perkiraan sebelumnya. Kami menemukan bukti itu dengan menggunakan teknik baru dalam menghitung usia makhluk hidup," kata Li Ling Hamady, peneliti dari MIT.

Dia mengatakan, temuan baru ini bisa berdampak pada cara manusia untuk melakukan perlindungan kepada hewan. Selain itu, dari sisi ilmu pengetahuan, manusia juga dapat mengetahui makanan apa yang membuat hiu memiliki umur cukup panjang.

Untuk mengetahui umur hiu putih, peneliti menggunakan teknik menghitung jaringan yang ada pada tulang rawan hiu. Kemudian, peneliti kandungan radioaktif yang merupakan jenis isotop atom karbon dari sebuah tes bom nuklir yang dilakukan pada tahun 1950-1960-an.

"Dari hasil uji kandungan di tulang rawan hiu itu membuktikan bahwa hiu putih telah hidup selama 70 tahun. Kandungan radioaktif menjadi penanda umur hiu putih," kata Hamady.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa hiu putih memiliki perjalanan hidup yang sama dengan manusia. Hiu putih memiliki waktu yang lama untuk mereproduksi dan meningkatkan jumlahnya.

Jadi, tidak salah jika lembaga konservasi hewan menyatakan hiu putih wajib dilindungi untuk mencegah kepunahannya.

"Memang hiu putih memiliki umur yang relatif panjang. Tapi, pertumbuhannya sangat lambat untuk mencapai umur dewasa. Kemungkinan, banyak hiu putih muda yang mati akibat stress karena banyak aksi penangkapan liar," ujar Ian Fergusson, pendiri lembaga pelindung hiu Shark Trust. 

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda di kota ini.
Ini bisa membantu kami dalam mengenali anda.
Terima kasih.
Salam Blogger!

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor