Fosil Dinosaurus Ditemukan di Arab Saudi

12.30
0
Fosil Dinosaurus Ditemukan di Arab Saudi
Fosil Dinosaurus Ditemukan di Arab Saudi: Gabungan tim peneliti Uppsala University, Museum Victoria, Monash University dan Saudi Geological Survey telah berhasil menemukan fosil dinosaurus pertama dari daratan Arab Saudi.

Peneliti menemukan dinosaurus jenis titanosaurus pemakan tumbuhan dan theropoda dengan gigi tajam.


Temuan ini menjadi menarik karena itu adalah fosil binatang purba pertama yang ditemukan di Arab Saudi. Fosil dinosaurus juga tergolong langka di temukan Semenanjung Arab, dilansir LiveScience.

Sebelumnya, kata peneliti, hanya ditemukan fragmen gigi dan tulang dari spesies yang sama di Yordania, Oman, dan Lebanon.

"Tapi, kini kami menemukan fosil tulang. Temuan ini penting bukan hanya karena lokasi temuannya, tapi juga karena fakta bahwa kita sebenarnya dapat mengidentifikasi mereka, pertama kalinya secara taksonomi dikenali dinosaurus dari Semenanjung Arab," jelas Benjamin Kear, pemimpin studi sekaligus ahli paleobiologi Uppsala University, Swedia.

Studi mengatakan, fosil yang diperkirakan berusia 72 juta tahun silam itu ditemukan pada formasi Adaffa—sebuah tumpukan batu pasir dan batu kerikil yang terdeposit oleh aliran sungai selama masa Cretaceous akhir, sekitar 79 juta tahun silam.

Pada periode itu, Semenanjung Arab belum terpisah dari Afrika dan sebelah timur dibatasi oleh Samudra Tethys—kini sudah menjelma jadi Samudera Hindia.

Saat fosil tulang dinosaurus itu terkubur di pasir, beberapa bagian semenanjung telah terendam air. Kear dan koleganya secara hati-hati menggali singkapan formasi batu pasir Adaffa sekitar 11 kilometer timur laut Al Khuraybah, Arab Saudi, Di situs itu mereka menemukan dua gigi theropoda dan beberapa vertebrata.

Pada perburuan fosil sebelumnya, Kear menemukan fosil Cretarous laut di Arab Saudi seperti plesiosaurus, mosasaurus, hiu, dan kura-kura.

Tim peneliti cukup terbantu dengan pola gigi khas. Sehingga, peneliti mudah menghubungkan chomper sampai Carnivorous abelisaur—keluarga dinosaurus yang umum di kawasan Afrika Utara di masa itu.

Abelisaur merupakan dinosaurus berkaki dua seperti T-rex yang bisa tumbuh hingga enam meter.

Sementara vertebrata yang ditemukan tampak seperti titanosaurus, yakni spesies Sauropoda besar yang tinggal di berbagai benua, termasuk Afrika dan Amerika Selatan. Spesies ini dapat tumbuh hingga 20 meter.

 Lihat video evolusi wajah Bumi dari ratusan juta tahun lalu:

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda di kota ini.
Ini bisa membantu kami dalam mengenali anda.
Terima kasih.
Salam Blogger!

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor