Universitas Jember Menjalin kerja sama dengan Sekolah Thailand

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (Unej), Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjalin kerja sama dengan asosiasi sekolah bertaraf internasional Thailand.

Kepala Humas dan Protokol Unej, Rokhani SP MSi mengatakan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor Universitas Jember, Drs M. Hasan MSc PhD dengan asosiasi sekolah bertaraf internasional Thailand yang diwakili oleh Kepala Sekolah Matthayom Watnairong High School, Surapong Ngamsom. Kerjasama ini ditandatangani di Gedung Rektorat d R Achmad Unej.

"Kerja sama itu merupakan tindak lanjut kunjungan Dekan, Pembantu Dekan dan dosen FKIP Unej beberapa waktu yang lalu ke Thailand," tuturnya.

Menurut dia, kerja sama yang akan dibangun meliputi kerja sama bidang akademik yakni FKIP Unej akan mengirimkan dosen untuk melihat dari dekat proses belajar dan mengajar di sekolah nasional, franchise schools dan international schools yang ada di Thailand.

Para dosen FKIP Unej juga dapat melakukan kajian dan penelitian mengenai pengembangan kurikulum SMA di kawasan Asia Tenggara, pengembangan sister school dan lab school yang nantinya akan dikembangkan FKIP Unej.

"Mahasiswa FKIP memiliki kesempatan melakukan program praktik lapangan (PPL) di sekolah-sekolah di kawasan Asia Tenggara, terutama di Thailand untuk mempersiapkan tenaga pendidik unggulan dalam menyambut AFTA 2015," paparnya.

Sementara bagi Matthayom Watnairong High School dan sekolah lainnya di Thailand, lanjut dia, mereka dapat mengirimkan tenaga guru untuk melanjutkan S-2 atau S-3 di Unej.

"Mereka juga bisa melakukan penelitian pengembangan kurikulum dan analisa, menjadi guru tamu di Unej, dan siswa lulusan Matthayom Watnairong High School dapat melanjutkan studi S-1 di Unej," katanya, menjelaskan.

Setelah penandatangan MoU, dilanjutkan dengan seminar berjudul "Qolloquium on Developing an International Adaptive Curiculum For Mathematics And Sciences" dengan pembicara Kepala Sekolah Matthayom Watnairong High School Surapong Ngamsom dan dosen FKIP Unej Drs Dafik MSc PhD.

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor