UNAND dan UNP Akan Terima 7.499 Calon Mahasiswa Baru

23.36
0
Dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Padang sediakan 7.499 bangku kuliah untuk mahasiswa baru. Dua perguruan tinggi tersebut yakni Universitas Andalas (Unand) akan menerima 4.940 mahasiswa dan Universitas Negeri Padang (UNP). Untuk Unand akan menerima 2.559 mahasiswa.
"Untuk penerimaan melalui jalur SNMPTN akan diterima 3.211 mahasiswa atau 65 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru," kata Pembantu Rektor I Unand Febrin Anas Ismail di Padang, kemarin.

Sementara itu, untuk jalur undangan dan mandiri, Unand akan menerima 1.729 mahasiswa baru. "Calon mahasiswa baru akan diterima di 11 fakultas dan 39 jurusan yang ada saat ini. Jumlah fakultas dan jurusan tersebut masih sama dengan jumlah pada tahun sebelumnya," katanya.

Dari laporan yang diterima, hampir seluruh jurusan diminati calon mahasiswa baru. "Namun yang paling favorit setiap tahunnya adalah kedokteran, akuntansi dan farmasi," ujarnya.

Menurut dia, kuota penerimaan pada 2012 menurun dibandingkan tahun lalu, dimana pada 2011 jumlah mahasiswa yang diterima mencapai 5.300 orang. Berdasarkan laporan terakhir, yang telah mendaftar melalui SMPTN hingga sekarang sekitar 13 ribu orang. Sementara pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah pendaftar mencapai 35 ribu orang calon mahasiswa. "Diperkirakan angka pendaftar 35 ribu akan tercapai hingga pendaftaran ditutup nanti," bebernya.

Sementara untuk membantu calon mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan beasiswa Bidik Misi. Pada 2011 jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa itu sebanyak 750 orang dan tahun ini ditargetkan 1.000 penerima.

Program Bidik Misi diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi namun tidak mampu secara ekonomi. Beasiswa yang diberikan berupa biaya hidup dan biaya pendidikan selama delapan semester untuk S1 dan enam semester untuk D3.

"Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tahun ini Unand akan memasang infocus di setiap ruangan kuliah," katanya.

Sementara itu, humas UNP, Amril Amir mengatakan, akan menerima 2.559 mahasiswa baru melalui jalur undangan dan ujian tulis SNMPTN. Dengan merincikan 404 kursi untuk jalur undangan dan 1.833 kursi untuk tes tulis, sementara sisanya disediakan untuk Bidik Misi dan jalur prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya menerima 1.827 mahasiswa.

"UNP menyediakan tujuh Fakultas dan 47 jurusan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Informasi Teknologi dan Komputer, Olah Raga, serta Bahasa Inggris menjadi jurusan favorit," katanya.(mg17)

Kuota Bangku yang disiapkan Unand-UNP
  • Unand Menyediakan 4.940 Bangku Jalur SNMPTN
  • Unand menerima 3.211 mahasiswa atau 65 persen dari total kuota mahasiswa baru
  • Untuk jalur undangan dan mandiri, akan menerima 1.729 mahasiswa baru. 
  • Unand Menyiapkan 11 fakultas dan 39 jurusan
  • UNP menyediakan 2.559 Bangku
  • Jalur Undangan, 404 kursi 
  • Ujian Tes Tulis, 1.833 kursi
  • Sementara sisanya disediakan untuk Bidik Misi dan jalur prestasi. UNP menyediakan tujuh Fakultas dan 47 jurusan.

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor