KKN UBH, 55 Nagari akan di Telusuri

Universitas Bung Hatta (UBH) menerjunkan ribuan mahasiswanya ke tujuh kabupaten dalam program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). 
Sebanyak 1.676 mahasiswa tersebut akan disebar ke 55 kenagarian di tujuh Kabupaten, yakni Kabupaten Tanah Datar, Agam, Pesisir Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Sijunjung.
Hal itu disampaikan Elfiondri, Koordinator pelaksana KKN-PPM 2012, saat pembekalan peserta KKN-PPM di Aula Balirung Caraka Gedung B, Sabtu (26/5/2012). Menurut Elfiondri, tahun ini merupakan kali kedua penyelenggaraan program KKN-PPM 2012 setelah 31 tahun kiprah UBH di dalam dunia pendidikan tinggi.

"Selama kegiatan KKN-PPM berlangsung, mahasiswa akan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dosen Koordinator Kabupaten. Semua peserta juga akan dilindungi asuransi dan jaminan kesehatan," ujar Elfiondri.

Rektor UBH Hafrijal Syandri mengatakan, Program KKN-PPM merupakan jawaban atas kebutuhan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini telah memberi warna baru bagi kehidupan kampus dan penciptaan atmosfer akademik di UBH. Kegiatan KKN-PPM menjadi bentuk nyata kontribusi UBH bagi masyarakat, dan kelompok masyarakat yang ingin mandiri secara politik, ekonomi maupun sosial.

Dengan selalu belajar bersama dan bersinergi secara harmonis, seluruh elemen masyarakat tentu akan menemukan banyak hal baru. Masyarakat akan belajar dari civitas perguruan tinggi, dan sebaliknya civitas perguruan tinggi akan banyak memperoleh dan terdorong untuk mengembangkan pengetahuan kearifan dan teknologi yang ada di tengah masyarakat.

Pembekalan peserta KKN-PPM akan berlangsung selama empat hari yakni pada 25-26 Juni dan 2-3 Juli. Peserta pembekalan dibagi dalam empat kelompok dan mengikuti pembekalan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus I UBH. 

Materi pembekalan akan diberikan Fachri Ahmad dengan materi Kontribusi KKN-PPM Terhadap Pembangunan Nagari, Dra. Susi Herawati, M.Pd. dengan materi Filosofi KKN-PPM. Sedangkan materi Budaya Masyarakat dan Ke-Bung Hatta-an akan disampaikan oleh Prof. Dr. Mestika Zed. MA, Program Pembangunan Daerah akan disampaikan oleh Drs. Rusdi Lubis, Mitigasi Bencana dan Pemberdayaan Masyarakat akan disampaikan oleh Ir. Haryani, MT. Sedangkan materi Pembuatan Rencana Program Kerja KKN-PPM dan Pelaporan akan disampaikan oleh Edi Septe.

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor