UGM Sulap Sabut Kelapa Jadi Pengganti Kapas

18.20
0
Selama ini, serabut kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat sapu dan keset. Namun, di tangan Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di wilayah Kulon Progo, serabut kelapa diolah menjadi bahan industri yang bernilai ekonomi tinggi.

Adalah Agustina P R M, Ismianti, Ahmad Juwari, Ari Akbar D, dan Wibowo Prasetyo, mahasiswa UGM yang menggagas pemanfaatan serabut kelapa menjadi bahan pengganti kapas untuk bantal. Kelima mahasiswa yang didampingi oleh dosen pembimbing Subejo memanfaatkan serabut kelapa mengingat di wilayah tersebut serabut kelapa cukup melimpah namun belum dimanfaatkan secara optimal.

Menurut Subejo, proses pembuatan bantal berbahan serabut kelapa sangat sederhana. Pada tahap awal, cukup dilakukan penyemprotan agar serabut dapat direkatkan satu dengan yang lain. Setelah itu, serabut yang telah direkatkan dibentuk sesuai dengan yang diinginkan.

"Untuk bentuk dan ukuran ini bisa dibuat sesuai keinginan. Bebas saja dan tidak menutup kemungkinan dibentuk sesuai kebutuhan masyarakat," ujar Subejo seperti dilansir dari situs UGM, Kamis (3/5/2012).

Sejauh ini warga Dusun Sungapan, Galur, Kulon Progo, terutama para ibu PKK, menyambut baik ajakan Tim PKM M UGM. Mereka berharap, program ini akan terus berlanjut. Ismianti, mahasiswa Fakultas Teknik UGM mengaku gembira melihat respon masyarakat terhadap program ini.

"Sepertinya mereka berharap agar desa mereka dapat menjadi pusat pengolahan limbah serabut kelapa karena mereka sudah tahu hasil dari pengolahan serabut kelapa ini mampu meningkatkan pendapatan mereka," kata Ismianti.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo juga memberikan respon positif. Bahkan, pada 29 April lalu, produk ini dilaunching di Desa Tirtorahayu, Kecamatan Galur, Kulon Progo. Kegiatan yang dihadiri oleh Asekda Bidang Perekonomian dan Staf Ahli Bupati Kulon Progo ini menampilkan berbagai variasi bantal dari sabut kelapa.

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda di kota ini.
Ini bisa membantu kami dalam mengenali anda.
Terima kasih.
Salam Blogger!

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor