Gubernur Sumbar Dukung Perda Produk Halal

10.11
0
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mendukung pelaksanaan Gerakan Peduli Produk Halal melalui penetapan Perda yang mengarah dan mendesak tingkat produsen untuk memasang lebel halal sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Perda ini tentu akan kita usulkan kepada DPRD Sumbar sebagai ujud kepedulian kita dalam memberikan makanan yang sehat, bukan untuk umat Islam semata melain untuk semua. 
Pernyataan ini dikemukakan Gubernur Irwan Prayitno pada acara Seminar Nasional Gerakan Peduli Produk Halal di Auditorium Gubernur Sumatera Barat, Senin (21/05/2012) kemarin. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua MUI, Rektor Unand, Rektor IAIN serta beberapa kepala SKPD terkait. 

Lebih jauh, Irwan Prayitno menyampaikan, saat ini kita melihat masih banyak masyarakat kita yang tidak peduli terhadap produk halal. Kita menyadari pemahaman terhadap produk halal ini tergantung tingkat keimanan seseorang. Karena itu dari sekarang seharusnya produk halal mesti menjadi perhatian kita, untuk menjaga tingkat kebersihan iman dalam beribadah dan menjalan kehidupan sehari-hari.

Padahal makanan yang dimakan amat mempengaruhi kesehatan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kenapa daging babi haram, jelas disebutkan prilaku babi dan konsumsi yang dimakan tidak baik bagi tubuh manusia. Daging babi memiliki kesemaan dengan tubuh manusia, sehingga penyakit yang ada pada daging babi dapat tumbuh subur di tubuh manusia jika kita memakannya. 

Sementara makan daging sapi, binatang yang dihalalkan jika dimakan tidak berdampak pada tubuh manusia. Namun terlepas dari semua itu, bagi kita umat Islam memakan daging tentu juga ditentukan oleh proses penyembelihan, apakah mengikuti syariat Islam, baca bismillah. Untuk itu semua kita mesti melakukan sosialisasi tentang keimanan kita terhadap kepedulian produk halal. 

"Untuk itu kita berharap masyarakat non Muslim juga mampu memberikan perhatian, terhadap makan yang mereka produksi, sehingga dapat dikategorikan halal, bagi konsumsi umat Islam maupun non muslim," ujar Gubernur.*

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor