Mahasiswa IPB Ciptakan Kebab Buah

09.08
0
Mahasiswa Institut Pertanian Bogor memperkenalkan kebab buah (Si Babah) sebagai sebuah kampanye mencintai buah lokal Indonesia. 

"Kebab buah ini adalah hasil Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan IPB dengan bahan baku buah lokal," kata Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti MSi di Bogor, Jumat (1/6). 
Ia menjelaskan, dalam sebuah pameran di Jakarta, yang juga dihadiri Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Dr Illah Sailah, gerai Si Babah yang ditampilkan banyak pengunjung yang tertarik dengan atraksi pembuatan kebab buah itu. 

Menurut dia, mahasiswa IPB juga melakukan kampanye buah lokal di Jakarta yang berlangsung dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB. "Kampanye itu bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat untuk gemar mengkonsumsi buah lokal," katanya. Menurut dia, antusiasme masyarakat terhadap kampanye ini cukup tinggi terbukti dengan partisipasi pengguna jalan yang peduli dengan buah lokal tengah membubuhkan tanda tangan serta pernyataan pada kain putih yang telah disediakan. 

Henny Windarti menjelaskan rasa buah lokal yang eksotik mestinya bisa menarik konsumen dalam negeri. "Yang lebih penting lagi adalah dalam rangka mewujudkan kemandirian bangsa di bidang buah-buahan," katanya. 

Ia menjelaskan kampanye buah lokal itu berlangsung di pinggir jalan dengan sebuah tenda yang berisi berbagai buah-buahan lokal ungulan Indonesia. 

Buah-buhan yang disajikan kepada pengunjung adalah salak pondoh, manggis, sawo, pepaya, dan pisang. Buah-buahan tersebut dibagikan kepada masyarakat pengguna jalan, baik yang sedang berjalan maupun bersepeda, karena acara tersebut bertepatan dengan car free day. 

Beberapa mahasiswa IPB berorasi di tengah jalan, mengampanyekan tentang pentingnya mencintai buah lokal. Mereka memakai maskot buah yang unik dan lucu sembari membagikan buah lokal tersebut.

Pendidikan

More »

Mahasiswa

More »

Kesehatan

More »

Sponsor